PEMANTAUAN TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI PENGUKURAN BERAT BADAN DAN TINGGI BADAN

Anak merupakan aset yang paling berharga bagi orang tua, bangsa dan negara. Kita selaku pendidik harus benar-benar mengerti proses tumbuh kembang anak secara benar. Karena setiap anak tumbuh dan berkembang melalui proses belajar tentang dirinya sendiri di dunia sekitarnya. Proses pembelajaran ini berlangsung dan berkesinambungan terus selama masa hidup seseorang, sejak anak usia bayi sampai usia dewasa. Ketika anak mulai beranjak usia, maka duniannya pun berkembang di dunia rumah, dan beran
Anak merupakan aset yang paling berharga bagi orang tua, bangsa dan negara. Kita selaku pendidik harus benar-benar mengerti proses tumbuh kembang anak secara benar. Karena setiap anak tumbuh dan berkembang melalui proses belajar tentang dirinya sendiri di dunia sekitarnya. Proses pembelajaran ini berlangsung dan berkesinambungan terus selama masa hidup seseorang, sejak anak usia bayi sampai usia dewasa. Ketika anak mulai beranjak usia, maka duniannya pun berkembang di dunia rumah, dan beranjak ke dunia luar rumah.
Untuk dapat berfungsi dengan baik dilingkungan dimana si anak hidup, anak belajar untuk mengenal dirinya sendiri dan membentuk identitas pribadi. Anak juga belajar memahami proses interaksi sosial dan mengenali kesamaan maupun perbedaan yang dimilikinya terhadap orang lain yang berada di lingkungan sekitarnya. Bersamaan proses pembelajaran tersebut anak juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan di dalam dirinya secara fisik maupun mental. Pada usia 0 – 5 tahun itu merupakan masa keemasaan pada anak, karena di usia tersebut tumbuh kembang anak berkembang pesat dan diusia tersebutmerupakan awal terbentuknya kepribadian anak dan diusia 5 tahun adalah masa paten terbentuknya kepribadian seseorang. Untuk itu kita sebagai pendidik harus menanamkan moral atau tingkah laku serta hal-hal yang baik, karena kita sebagai model yang ditiru oleh anak didik kita. Selain kita sebagai pendidik, orang tua dan lingkungan sekitar juga ikut mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.
Tujuan kita dalam mendidik anak didik kita adalah mencetak anak didik yang insya allah menjadi seseorang atau pribadi yang berakhlak, bermoral, berbudi pekerti yang baik, beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sehingga anak dapat menjadi anggota masyarakat yang produktif dan bermanfaat bagai keluarga serta lingkungan, masyarakat dimana ia tinggal. Untuk dapat mencapai tujuan seperti yang diharapkan diatas kita bertanggung jawab dan memegang peranan penting terhadap proses tumbuh kembang anak didik kita. Dan juga perlu kita ketahui bahwa setiap anak mengalami pengalaman tumbuh kembang yang unik dengan kecepatan tumbuh kembang masing-masing anak itu berbeda. Bahkan, pada anak yang berasal dari keturunan yang sama, latar belakang sama, cara hidup dan lain-laian sama, tetapi proses tumbuh kembang dan pengalaman anak dalam tahapan tumbuh kembang dan percepatannya berbeda-beda, karena banyak faktor penting yang mempengaruhinya seorang anak untuk dapat tumbuh menjadi suatu pribadi yang utuh.
Untuk itu kita sebagai pendidik harus banyak belajar tentang proses tumbuh kembang anak, misalnya dengan berlangganan majalah anak, ikut seminar dan buku-buku lain tentang tumbuh kembang anak. Supaya kita tidak salah dalam menyikapi perilaku akibat tumbuh kembang anak di sekolah. Dan yang bisa kita lakukan di sekolahuntuk mengetahui tumbuh kembang anak didik kita mengalami perubahan atau tidak, dan pertumbuhan anak didik kita itu ormal atau tidak, kita bisa memantau dan mengukur berat badan anak menurut tinggi badan anak, karena cara ini mudah dan praktis untuk dilakukandisekolah, sehingga status gizi anak dapat diketahui. Dari ini penulis ingin mengambil judul “UPAYA GURU DALAM PEMANTAUAN TUMBUH KEMBANG ANAK TK MELALUI PENGUKURAN BERAT BADAN MENURUT TINGGI BADAN ANAK DI PAUD TUNAS MEKAR”. Semoga dengan mengetahui proses tumbuh kembang anak kita sebagai pendidik dan orang tua leih bijak dalam menyikapi tumbuh kembang anak yang berbeda-beda itu.